My Hobby


@design_for_3d (IG)

Assalammualaikum Warrahmatullahi Wabarakatu.

Halo, salam kenal, namaku Indra Setya Himawan, aku berasal dari NTT, aku sekarang seorang mahasiswa di STIKOM SURABAYA. Hari ini aku mau bahas tentang hobiku, lumayanlah sekalian promosi tentang pekrjaan freelanceku, hehe, oke hobiku adalah membuat desain 3D, aku menyukai yang manaya 3 dimensi, membuat seperti desain interior, eksterior, desain karakter, dan lain halnya, itu menjadi hobi dan pekerjaan sampinganku saat ini, namun kedepannya aku ingin menjadikkannya pekerjaan tetap sebagai seorang 3D modeler dan animator, insyallah.

Pasti kalian bertanya, apa yang membuatku menjadi sangat suka dengan dunia 3D, dan mengapa aku ingin melanjutkannya hingga sekarang ini, oke awalnya bermula pada saat umurku 11 tahun, pada saat itu film yang berbau fantasi masih sedikit dan penggunaan CGI (Computer Graphic Imagery) masih sedikit, membuatku saat melihat kemunculan animasi atau CGI di layar kaca televisi sangatlah menjadi sebuah hal yang sangat menyenangkan, bukan hanya itu, kartun kartun 3D pun belum terlalub menjamur dan banyak, membuat keterbatasan itu menajadi sebuah awal dari kesukaanku terhadap dunia 3D, seiringnya waktu aku semakin mencari tahu apa itu semua, 3D itu apa, apa yang mereka gunakan untuk membuat itu, caranya bagaimana dan lain halnya yang mendukung aku dalam mempelajari 3D.

Semakin tahun aku semakin paham namun belom berani mencoba dalam menggunakannya dan mendalaminya dalam artian menggunakan software 3D, kemudian pada tahun 2012 kalau tidak salah itu kelas 1 SMA, pada saat itu aku mencoba yang namanya software 3D pertamaku, yaitu 3ds max, aku mempelajarinya selama satu bulan namun belum terlalu terlihat progrress yang mengesankan, di karenakan pembelajaran dan tutorial akan 3D belum terlalu banyak, belajar secara otodidak tidaklah terlalu membawaku pada poin yang aku inginkan untuk terwujud, kemudaian aku menghentikan mempelajari 3D selama 1 tahun, kemudia saat SMA kelas 3 akhir mendekati lulus kurang 2 minggu, aku mulai mencobanya lagi dengan software berbeda yaitu software BLENDER, dimana software ini merupakan software "open source" software 3D gratis dengan kualitas pemula hingga profesional, sangat membuatku kaget pada awalnya, karena aku gak pernah berpikir ada software 3D dan gratis seumur hidup, berbeda dengan 3ds MAX yang harus di beli dengan harga yang sangat mahal, pada tahun 2012 saja harga satu kaset software 3ds MAX mencapai 50 juta sekian, yang membuatku geleng geleng, namun pada saat pertama aku memakai 3ds MAX aku menggunakan yang bajakan dari temanku yang sama-sama menyukai 3D, kami berbagi informasi dan pengetahuan.

lambat laun aku semakin senang dan mulai mahir dalam dunia 3D dan mulai mendalaminya dan menggunakannya sebagai alat mencari uang pada tahun 2016 akhir, walaupun tidak banyak pendapatanku yang aku dapat hingga sekarang, namun aku mensyukurinya, walaupun sebulan atau dua bulan belum ada klien sama sekali aku tetap berusaha sebagai 3D artist profesional, ememperbanyak portofolio di sela waktu kesibukan kuliah, walau belum terlalu banyak, aku berharap di semester 6 perkuliahanku saat ini aku sudah mampu bekerja, karena aku memiliki niat lain, yaitu melamar dan menikahi anak orang, doakan ye hehehe, bismillah, sekian kisah tentang hobiku ini semoga bisa memberikan hiburan dan sedikit wawasan. 

Jazakumullah khair

Assalammualaikum Warrahmatullahi Wabarakatu.

sekian desain portofolio saya (interior design)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA MASA KECIL

Pembelajaran Hidup

Tokoh Inspiratif